Selasa, 12 April 2016

Eksotisme Baduy Part 1

2

Baduy..budaya etnik yang eksotis..konektivitas dan keseimbangan alam dengan manusia...
Selamat datang di Ciboleger
 (Pintu masuk menuju perkampungan Suku Baduy)

Mungkin banyak yang sudah tahu atau mendengar kata 'Baduy'..But have you visit them, guys??
Baduy adalah suku di daerah Banten, yang masih memegang teguh adat sunda wiwitan dan tinggal di dalam hutan. Suku baduy, hidup berdampingan dengan alam, mereka sangat menjaga alam mereka, karena mereka sadar dari alam lah mereka bisa mendapatkan hasil pertanian yang melimpah dan sumber kehidupan lain, seperti air. Baduy di bagi menjadi 2, baduy dalam dan baduy luar. Baduy luar sudah bisa beradaptasi dan terbuka dengan perkembangan jaman, sedangkan baduy dalam masih tertutup dan sangat memegang adat istiadat. Itulah, sisi menariknya, kearifan lokal menyimapn eksotisme sendiri untuk dipelajari dan dilihat.

Perjalanan menuju baduy bermula saat saya diajak oleh teman (tahun 2014). Kami mengira ini serupa dengan  tur biasa seperti ke kampung budaya...hhhmmm tidak disangka perjalanannya menjadi begitu menantang..ahahahaha
It was another challenge !!!

Keberangkatan

Naik Elf yang supirnya kayak pembalap...
(Ps : sport jantung mak!)


Bertemu akang-akang Baduy

Akang-akang baduy sudah berkumpul menyabut rombongan kami..
(Ps : mana karpet merah..mana..?)


Perjalanan dimulai ~ ~ ~
Kami mengunjungi desa suku baduy saat musim hujan..jadi medan yang dilalui agak licin dan berlumpur..biasanya anak-anak kecil dari saku baduy sudah siap sedia menjual tongkat kayu untuk membantu perjalanan pengunjung. Selain itu, beberapa akang-akang baduy juga siap menjadi porter kalau kamu udah gak sanggup bawa gembolan a.k.a tas, ransel, keril..hhmmm bahkan bawa diri kali ya...eaaaa...Kalau kamu menggunakan porter dari suku baduy dijamin deh, gak cuman barang=barang kamu aja guys yang dijagai dan dibawain, tapi kamu juga bakal aman banget, karena mereka akan membantu kamu untuk  melewati jalan-jalan ekstrim.

Just info : kalau teman-teman ingin berkunjung ke suku baduy, sangat disarankan untuk meminta bantuan warga baduy luar atau dalam sebagai guide, karena trek ke baduy dalam sangat rumit dan panjang..antisipasi biar gak kesasar ya...kalau kalian gak pakai guide lokal belum tentu bisa ketemu desa baduy dalamnya.


Baduy Luar

Nah..kita sudah mulai memasuki perkampungan baduy luar..


Wanita suku baduy luar sedang menenum..biasanya kain hasil tenun dijual kepada pengunjung...
(Ps: Dibeli mas...dibeli mbak....)

Seperti lagunya  ninja Hatori.."mendaki gunung..lewati lembah..sungai mengalir indah ke Samudera...."
 Hhhmm..ni masih kawasan baduy luar lho guyss...lihat kan medannya udah naik-turun begini..

Siap - siap nanjak yaa....
(Ps : sebenarnya saya dan teman-teman tidak ada persiapan sama sekali, enggak olahraga, cuman modal seadanya, kami kira suku baduy masih di pinggiran kota jadi gak bakal capek-capek amat...ternyata ooh ternyata....

Lihat tuh Hani aja sepatunya sampe jebol..akhirnya nyekermen...udah kayak suku baduy blum?
(Ps : kebanyakan suku baduy dalam tidak menggunakan alas kaki dan kalau diperhatikan kaki akang-akang baduy lebar-lebar lho..*salah fokus)

Kiri ke kanan : Fida, Elzha, Akang baduy, Jihan, Hani
hhmm kayaknya ada yang ketinggalan nih..?

Nah selain medan tanah liat dan batuan naik-turun..kami juga harus melintasi banyak aliran sungai. Tapi sungai-sungai di sini masih bersih dan alami lho..yang unik adalah jembatan baduy ini..
Hampir semua jembatan baduy terbuat dari bambu dan uniknya bambu-bambu ini disusun dan disatukan tanpa paku..mereka hanya mengandalkan teknik tali temali. Tapi jangan khawatir, ikatan tali jembatan ini sangat kuat.

Sayang gambarnya kurang jelas. Kalau kalian lihat secara langsung pasti kalian akan kagum..karena jembatan kayu tadi digantung antara dua pohon yang berseberangan. Kalau dilihat di atas, banyak tali-tali dan kerangka kayu untuk menopang jembatan.

Ini dia yang ketinggalan...Riska a.k.a timeh dengan porter setianya..haaha


Hampir semua tanjakannya kayak gini..tapi ada yang lebih paraahh... :(
Fighting !!!

Tapi semua rasa lelah itu terbayar dengan pemandangan ini...iyaa yang kayak gini..dan pemandangan-pemandangan indah itu gak berhenti cuman disni..jadi lanjut jalan lagi ya mas bro...
Lihat tuh ibu-ibu baduy aja kuat..masak yang masih muda kalah..
Suku baduy memang sangat mengandalkan alamnya untuk hidup. Oleh karena itu, banyak warga baduy yang bercocok tanam. Tapi, karena area baduy yang terletak diperbukitan, membuat metode tanam mereka unik..para petani baduy menanam padi dan umbi-umbian di lereng-lereng bukit yang terkadang sangat miring dan curam..gak kebanyakan kan bagaimana susahnya...*udah gak usah dibayangin..ckck

Ini dia salah satu hasil pertanian masyarakat baduy..biasanya hasil panen akan disimpan di lumbung padi, sebagai cadangan pangan saat musim kemarau dan upacara adat.

Abaikan wajah-wajah lelah kami...
(Ps: Hayati istirahat dulu ya bang....wkwkkw)


Perjalanan menuju suku baduy dalam masih berlanjut..next on Eksotisme Baduy Part 2.

2 komentar:

  1. Wawww.. Kereeeen. Mau dong Kak diajak ke sanaaa.. :)

    BalasHapus
  2. Idiiiih alay lu bul...sana ikut trip temen gw kalo pengen..hihiihi

    BalasHapus

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com